The Beauty of Indonesia, Ende – Kalimutu

Kelimutu Ende

Kelimutu Ende

Kabupaten Ende terletak di Indonesia bagian timur. Kabupaten yang terletak di kepulauan flores dengan suhu udara yang luar biasa panasnya ternyata menyimpan keindahan yang luar biasa. Untuk sampai menginjakkan kaki di Kabupaten Ende memang memerlukan pengorbanan yang luar biasa, dari Jakarta untuk sampai ke Kab. Ende  dapat menggunakan Garuda sampai Kupang, NTT.

Dari Kupang ke Kab Ende saya menggunakan trans nusa dengan pesawatnya fokker 50. Pesawat ini berbeda jauh dengan maskapai penerbangan nasional besar yang ada di Indonesia, mulai dari kebersihan di dalam pesawat yang tidak terjaga sehingga kita akan melihat banyak binatang lalu lalang di atas langit pesawat, bau pesawat yang kurang bersahabat sampai nomer tempat duduk yang tidak diikuti oleh penumpang jadi siapa cepat dia dapat. Semoga kondisi seperti ini tidak berlangsung lama sehingga tidak sampai terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Mendarat di Bandara Hasan Aroeboesman akhirnya saya bisa bernafas lega. Jujur melakukan penerbangan dengan pesawat kecil adalah hal yang paling tidak saya suka. Browsing tentang kuliner atau souvenir yang bisa ditemui di Ende tidak membawa banyak hasil. Kab Ende merupakan salah satu tempat pembuangan Presiden I RI Soekarno, dikota ini lah Bung Karno menemukan ilham Pancasila, tepatnya di bawah pohon sukun yang ada di gambar bawah berikut ini. Di sekitar Pohon sukun ini dibuat taman yang disebut dengan taman renungan Soekarno.

20121127_154302

Kabupaten Ende tidaklah terlalu luas, terletak di tepi laut tidak heran kabupaten ende terlihat gersang. Tanaman singkong banyak ditemui di tempat ini. Kuliner yang dapat dicicipi di tempat ini seperti ubi cincang, nasi jagung, nasi merah, moke (bagi penggemar minuman keras), are gou (nasi dibalut pelepah kelapa kemudian dikukus), sup ikan atau ikan bakar. Tidak banyak variasi makanan di sini. Proses memasak makanan asli mereka yang cenderung memakan waktu lama membuat makanan asli kab ende semakin tergusur digantikan dengan masakan padang. Bahkan orang lokal ende sendiri mulai menyukai masakan padang yang cepat saji dibandingkan dengan makanan lokal mereka.

Kontur Kab Ende cenderung berbukit dan datar, untuk daerah yang mendekati tempat wisata Danau Kelimutu wilayahnya cenderung berbukit dan lembah, udaranya juga lebih dingin dibandingkan dengan daerah lain di kab ende.

kab endeDanau Kelimutu adalah danau yang terletak di kabupaten ende di Gunung Kelimutu. Danau ini terdiri dari 3 kawah dan tiap kawah warnanya berbeda, kabarnya dari hasil penelitian warna kawah ini berubah sesuai proses alam walaupun belum ada penjelasan yang jelas yang menyatakan proses alam yang mana yang menyebabkan warna kawah ini berubah.

Danau Kelimutu

Dari sisi mitos, 3 kawah ini dipercaya sebagai tempat bersemayamnya roh-roh para leluhur yang telah meninggal. Banyak larangan yang tidak boleh dilakukan di daerah ini salah satunya adalah dilarang menangis. Disarankan untuk naik kelimutu sebelum jam 9 atau 10 pagi, karena setelah jam tersebut monyet-monyet naik ke atas danau kelimutu.

Tentang Monika Suharko

liitle old fashion woman that like to travel around the world n share to others
Pos ini dipublikasikan di Wisata dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s